Drop Point J&T

6 min read

drop point j&t

Bagi sebagian orang, mungkin masih cukup awam mengenai istilah drop point j&t. Lalu apa itu drop point j&t express dan juga artinya? Mengenai hal tersebut, pada pembahasan kali ini bidangtekno.com akan menjelaskannya secara detail pada ulasan berikut ini.

J&t merupakan salah satu expedisi jasa pengiriman barang yang cukup ramai digunakan oleh masyarakat di indonesia. Apalagi saat ini, banyak sekali jasa pengiriman barang yang telah bermunculan diberbagai daerah di indonesia salah satunya yakni j&t express.

Hal tersebut tentu saja tidak lepas dari banyaknya pengguna smartphone yang memanfaatkan ponselnya untuk membeli berbagai kebutuhan secara online. Apa lagi saat ini masyarakat lebih memilih untuk berbelanja secara online dari pada datang langsung ke gerai secara offline.

J&T merupakan salah satu dari sekian banyaknya layanan di Indonesia yang bergerak dibidang ekspedisi . J&T sendiri dikenal oleh banyak masyarakat di indonesia dengan sistem Drop Point nya yang merupakan sistem yang dapat digunakan untuk mekanisme sentralisasi.

Mekanisme dari drop point j&t yang dimaksud di sini adalah sistem yang digunakan dalam pengecekan barang tertentu pada ekspedisi logistik yang kewenangannya akan dilayani oleh satu unit kerja atau bagian yang berwenang. Nah lebih jelasnya lagi, simak pembahasan berikut.

Apa Itu Drop Point J&T

drop point artinya

Drop Point adalah istilah dari pihak kantor cabang J&T Express pada suatu daerah tertentu yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Mekanismenya adalah ketika anda mengirimkan paket dari kantor J&T, barang kiriman anda terebut akan di drop pada titik-titik wilayah kantor cabang J&T secara estafet.

Oleh karna itu, semakin banyak kantor cabang dari J&T yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia maka akan semakin cepat pula proses pengantaran paket untuk sampai ke tangan penerima. Mekanisme yang telah saya sebutkan diatas tadi disebut dengan sentralisasi, di mana setiap paket akan di drop ke setiap cabang.

Baca Juga: Cara Cek Resi Standard Express

Kelebihan dari mekanisme ini adalah jam operasional yang seragam dan juga layanan yang masih tersedia maskipun pada hari libur ataupun tanggal merah. Tentu saja hal tersebut masih bergantung pada sistem regulasi pengiriman paket pada setiap wilayah yang berbeda-beda di indonesia.

Drop point J&T sering disebut dengan agen resmi J&T Express yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. baik kecamatan, kota kabupaten ataupun provinsi. Agen resmi ini berbeda dengan Transit Center yang merujuk kepada lokasi gudang transit yang biasanya ada di beberapa kota-kota besar.

Jadi jika tanya drop point artinya apa adalah sebuah kantor cabang yang memberikan suatu layanan drop off paket kapada paket yang akan dikirimkan ke si penerima. Jika di ibaratkan yakni sebagai penyambung antara kurir dan juga penerima paket agar proses nya jauh lebih cepat sampai.

Drop Point J&T Express

Siapa sih yang saat tidak tau dengan J&T? Ekspedisi satu ini merupakan salah satu layanan pengiriman barang terbesar di Indonesia. J&T saat ini memiliki 4.000 titik yang telah tersebar luas di indonesia, oleh karna itu anda Tidak perlu repot lagi mencari kantor J&T disuatu daerah.

Karena banyak masyarakat yang telah memilih J&T untuk hal mengirim barang, kini ekspedisi ini telah mempunyai kantor pusat, kantor cabang, hingga drop poin. Mungkin kalau kantor pusat dan juga kantor cabang anda semua sudah tidak asing lagi. Nah, kalau drop point J&T artinya apa?

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, untuk memudahkan pelanggan dan juga penjual pada saat mengirimkan paket maka pihak pengirim paket diharuskan untuk menyerahkan ke J&T Express terdekat. Layanan J&T ini juga melayani paket drop off dari penjual sebelum dikirim ke ekspedisi.

Ada sedikit perbedaan antara layanan drop point Shopee Express dan juga J&T Express. Bedanya yakni kalau di Shopee Express membuka peluang usaha untuk para agen dan juga mitra yang akan mendaftarkan diri untuk menjadi tempat penurunan paket. Jadi bisa dimiliki oleh perorangan.

Sistem Pengantaran Drop Point J&T

apa itu drop point

Dalam prosesnya, istilah drop point memiliki serangkaian proses ataupun alur pada tahapan pengiriman paket. Karna setiap daerah memiliki cabang nya masing-masing, proses drop point tentu nya jauh lebih kompleks dan lebih cepat sampai ke pada si penerima paket nantinya.

Nah untuk mengetahui sistem pengantaran drop point j&t ada 3 tahapan yang perlu anda semua ketahui agar lebih jelas. Tahapan tersebut meliputi penyerahan paket, pengiriman paket ke warehouse dan pengiriman paket ke penerima paket. Adapun penjelasanya sebagai berikut

Penyerahan Paket Dari pengirim Kepihak Drop Point J&T

Tahap ini, pengirim nantinya akan diminta untuk menyerahkan paket kepada pihak J&T Express. Namun sebelum keberangkatan, pengirim nantinya akan diminta untuk memastikan kembali bahwasanya barang yang akan diserahkan telah sesuai pengiriman atau belum.

Selain itu proses pengepakan barang berdasarkan tipe berbeda seperti elektronik, makanan, pakaian dan lainnya sebagainya tentu saja memiliki penanganan yang berbeda-beda. Hal tersebut tentu saja demi menjaga kualitas produk yang akan dikirimkan ke pada si penerima.

Setelah paket sudah siap untuk dikirim, maka barang akan dikirim tempat Drop Point J&T Express dengan arah tujuan pengiriman sesuai dengan alamat yang tertera pada detail atau resi paket. Pada tahap ini, tahapan pengiriman paket akan jauh lebih cepat untuk sampai.

Pengiriman Dari Drop Point KeWarehouse wilayah Tujuan

Setelah proses pertama telah berhasil dilakukan, nantinya Anda selaku pengirim akan mendapatkan bukti kuitansi dari paket telah dikirimkan. Nah yang keren dari J&T Express adalah memiliki layanan yang dapat memperbarui riwayat informasi setelah sampai ke tempat Drop Point pertama.

Baca Juga: Cek Resi Aliexpress

Informasi tersebut bisa anda akses melalui nomor resi yang telah didapatkan dari pihak j&t. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai kondisi paket, sebap pihak J&T hanya membutuhkan waktu transit sekitar sehari untuk nantinya dikumpulkan ke tempat warehouse wilayah terdekat.

Di lokasi warehouse paket akan melewati proses sortir. Setelah proses sortir selesai barulah paket kiriman akan dibawa kembali menuju drop point J&T Express yang bersangkutan. Anda tidak perlu cemas mengenai penumpukan paket, karena J&T akan langsung mengolah barang yang tiba di Gudang.

Pengiriman Drop Point kepada Penerima Paket

Setelah paket yang Anda kirim tiba pada Drop Point terdekat ke alamat pengirim, pihak J&T akan langsung mengirimkan paket ke alamat tujuan tanpa ada penundaan waktu sedikitpu. Sistem yang digunakan pun sama seperti pada tahapan pertama yang telah saya sebutkan tadi.

Jadi intinya paket akan langsung dikirim ke alamat tujuan sehingga tidak ada lagi penumpukan paket di tempat gudang terdekat. Pihak penerima paket juga dapat mengambil paket mereka sendiri tanpa prantara kurir paket dengan cara mengunjungi Drop Point terdekat sesuai nomor resi.

Pada saat akan mengambail paket, nantinya anda diminta untuk menunjukkan resi dari barang yang bersangkutan oleh petugas J&T. Jika nomor resi sesuai pada barang yang masih ada di gudang, paket akan segera diberikan. Anda juga nantinya akan dimintai pembayaran jika menggunakan sistem COD.

Istilah lain Pengantaran J&T Express

drop point adalah

Selain beberapa istilah yang telah saya sebutkan diatas tadi, ada beberapa istilah lain dalam pengantaran paket oleh pihak j&t. Beberapa istilah tersebut mungkin saja masih cukup asing bagi anda, oleh karna itu istilah tersebut perlu anda ketahui untuk memahami keadaan dan status paket.

Istilah pada setiap expedisi jasa pengiriman paket pun berbeda-beda, namun secara keseluruhan point nya sama saja. Nah untuk jasa pengiriman paket bernama j&t ada beberapa istilah yang perlu anda semua ketahui, adapun beberapa istilah tersebut adalah sebagai berikut

Istilah Penjelasan
GATEWAY Gateway merupakan istilah yang menunjukkan kepada kode lokasi paket dengan menggunakan format (KODEKOTA_GATEWAY). Misalnya: SUB_GATEWAY artinya paket sedang berada di gudang J&T Express kota terkait. Paket kiriman di gudang ini akan disortir sebelum diteruskan ke penerima.
SPRINTER/SPRINTER SEDANG MENGIRIM Istilah Sprinter (Kurir) artinya paket telah tiba di Drop Point J&T daerah tujuan, dan sedang dalam proses pengantaran oleh kurir. Biasanya nama kurir yang mengantar paket akan tertera dalam hasil cek resi.
BERMASALAH Status tersebut mengindikasi bahwa terjadi masalah pada proses pengiriman. Beberapa masalah yang biasanya terjadi seperti alamat yang tertera salah, atau kurir belum menemukan alamat tujuan.
SIMPAN Status informasi bahwa paket tidak memungkinkan untuk diantarkan saat itu juga. Hal tersebut biasanya karena kendala waktu, kemalaman dan jarak, sehingga harus disimpan dulu di Drop Point.
SCAN Menginformasikan bahwa paket telah diproses dan diperbaharui statusnya.
SEDANG MENJALANKAN SIMPAN SCAN Paket telah tiba di Drop Point J&T namun belum dapat diproses karena di luar jam kerja, atau kurir sedang mengalami overload. Sehingga paket disimpan sementara dan baru diproses keesokan harinya.
SEDANG MENJALANKAN BERMASALAH SCAN Paket telah tiba di Drop Point J&T, akan tetapi belum bisa diproses karena adanya masalah internal maupun eksternal. Secara umum masalah yang terjadi seperti sistem error, alamat tidak jelas, paket berisi barang yang dilarang oleh hukum, paket tercecer di gudang atau paket salah drop dalam proses sorting dan sebagainya.
INVALID AIRWAY BILL Istilah ini muncul jika nomor resi yang kamu masukkan salah, atau server tracking J&T Express sedang mengalami gangguan (down). Apabila server sedang down, kode resi tidak akan berhasil dilacak.
SUDAH DITERIMA Paket sudah sampai di tujuan dan diserahkan kepada penerima.
PAKET SUDAH DITERIMA Artinya paket telah sampai ke tangan penerima.

FAQ

Dari pembahasan diatas, tentu saja ada ada beberapa hal yang sering ditanyakan oleh pengguna layanan expedisi j&t express. Oleh karna itu, disini saya telah merangkum beberapa pertanyaan tersebut untuk anda semua agar mudah diketahui untuk anda semua saat mengirim paket.

Setelah Drop Point Kemana?

Setelah proses Drop Point dilakukan, paket kemudian akan dikirim ke warehouse (gudang) ke kota penerima.

Berapa lama barang di drop point J&T?

Untuk lamanya proses drop point j&t tentu tergantung alamat penerima barang yang dituju. J&T sendiri mempunyai beberapa layanan seperti J&T Regular, yang mana paket akan tiba sekitar 2-5 hari kerja. Namun apabila alamat pengiriman paket dekat dengan Drop Point J&T, maka kemungkinan akan lebih cepat.

Kenapa paket tertunda di drop point J&T?

Status pengiriman tertunda di drop point j&t biasanya terjadi karena adanya beberapa kendala teknis. Misalkan gudang tempat penyimpanan barang sementara ditutup, pengiriman barang telah melewati jam operasional, kesulitan memasuki akses dan lain masih banyak lagi lainnya.

Apa itu Drop Point dalam paket?

Drop point dalam paket artinya paket yang anda kirimkan sedang beradai di daerah drop off wilayah kantor cabang terdekat. Dalam khasus ini, biasaya paket anda akan segera sampai ketujuan sesuai alamat yang tercantum di resi.

Apa yang harus dilakukan jika paket J&T tidak sampai?

Jika paket j&t tidak sampai ke alaman tujuan, pelanggan bisa melaporkan kejadian itu melalui call center J&T Express melalui: Nomor Hotline 021-8066-1888. Email: jntcare@jet.co.id. WhatsApp: 0811-8466-188

Berapa hari pengiriman barang di J&T?

Estimasi pengiriman paket barang yang dilakukan oleh pihak j&t biasanya membutuhkan waktu minimal 2 sampai dengan 3 hari bahkan jauh lebih cepat.

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai apa itu drop point j&t beserta artinya, dengan mengetahui beberapa hal diatas tentu saja istilah-istilah yang ada pada jasa pengiriman seperti halnya j&t bisa anda semua ketahui dengan mudah seperti instilah yang telah dibahas diatas.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pengguna jasa pengiriman j&t lainnya dapat mengetahui beberapa hal yang telah saya bahas pada artikel diatas tadi.