Admin Can Because OF Experice...

Cara Menghilangkan Virus Di laptop

3 min read

cara menghilangkan virus di laptop

Virus merupakan hal yang sangat berbahaya bagi keberlangsungan laptop yang anda miliki. Oleh karna itu, cara menghilangkan virus di laptop menjadi hal yang perlu anda lakukan agar terbebas dari bahaya nya virus tersebut.

Sebenarnya laptop sudah memiliki anti virus nya sendiri yakni bernama Windows Defender, meskipun demikian hal tersebut masih di anggap kurang ampuh untuk mengatasi bahaya nya virus yang dapat menyerang sewaktu-waktu.

Virus adalah jenis malware berupa perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk me-duplikasi dirinya sendiri. yaitu dengan membuat salinan berbentuk dirinya sendiri di dalam drive mana pun yang terhubung ke laptop anda.

Disebut virus karna cara kerja nya adalah dengan menggandakan diri nya sendiri layak nya virus yang ada di kehidupan nyata. Dan fokus penyebaran nya adalah dengan menyerang object-object penting yang ada di laptop.

Ketika virus tersebut menyerang laptop yang anda miliki maka semua perangkat sistem yang diserang oleh virus tersebut akan mengalami beberapa gangguan bahkan menyebabkan kerusakan yang ada pada sistem tersebut.

Lalu bagaimana cara menghilangkan virus di laptop? Mengenai hal tersebut silahkan anda simak pembahasan nya di bawah ini dengan baik dan benar agar anda dapat langsung mempraktekan nya, yakni sebagai berikut:

Cara Menghilangkan Virus Di laptop

cara membersihkan virus di laptop

Jika laptop anda terkontaminasi oleh virus, ada beberapa langkah mengenai cara menghilangkan virus di laptop baik untuk pengguna Windows 10 atau pun 7. Untuk langkah-langkah nya yakni sebagai berikut:

Install Software Anti Virus

Langkah pertama yang bisa anda lakukan mengenai cara menghilangkan virus di laptop adalah dengan menginstall software anti virus sebagai langkah tambahan selain menggunakan Windows Defender bawaan laptop Windows.

Ada banyak Software anti virus yang bisa anda gunakan seperti Smadav, Norton 360, McAfee Total Protection, Avira Antivirus, Malware Bytes, Kaspersky Internet Security , Kaspersky Total Security , Intego dan lain sebagai nya.

Baca Juga: Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Namun ada beberapa software anti virus yang saya rekomendasikan buat anda semua yakni Kaspersky Internet Security dan juga Malware Bytes. Kedua software tersebut yang saat ini ampuh untuk menghilanghilangkan virus.

Untuk bisa menggunakan kedua aplikasi tersebut anda bisa langsung mendownload nya melalui internet dengan mengetikan kata kunci masing-masing software yang anda pilih melalui mesin pencari google.

Matikan Koneksi Internet

Saat anda khendak membersihkan seluruh virus yang ada di laptop ada baik nya metikan terlebih dahulu koneksi internet. Pasal nya, beberapa virus terkadang menyebar lebih cepat ke sistem Windows saat terkoneksi internet.

Oleh karna itu cara menghilangkan virus di laptop paling efektif adalah dengan mematikan koneksi internet nya terlebih dahulu agar tidak menyebapkan kerusakan pada sistem laptop yang berlanjut.

Masuk Ke Safe Mode

Langkah selanjutnya ketika melakukan cara menghilangkan virus di laptop adalah dengan mereboot laptop dan masuk ke menu safe mode. Hal ini dilakuka sebagai antisipasi saja saat anda akan membersihkan sistem dari virus.

Baca Juga: Cara Screenshot Di Laptop Windows 10

Untuk cara masuk ke safe mode Windows adalah sebagai berikut:

  1. Terlebih dahulu Restart Laptop
  2. Setelah itu tekan F8 lalu Pilih Advanced boot options saat layar laptop hidup.
  3. Kemudian pilih menu Safe Mode with Networking
  4. Terakhir, silahkan anda Pilih Tetap terputus dari internet
  5. Selesai

Hapus temporary files

Salah satu langkah paling mudah cara menghilangkan virus di laptop adalah dengan menghapus temporary files menggunakan Disk Clean Up. Pasal nya beberapa virus akan menyerang Laptop saat sedang melakukan booting.

oleh karna itu menghapus file sementara pada laptop dapat mengatasi masalah tersebut, namun sangat tidak disarankan jika anda hanya menggunakan langkah ini saja. Untuk langkah-langkah nya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama silahkan anda klik Start
  2. Kemudian cari menu Temporary Files dengan cara mengetikan nya
  3. Setelah itu, silahkan anda pilih Free up disk space by deleting unnecessary files
  4. Lalu pilih Temporary Internet Files pada bagian Files to delete dan klik OK
  5. Terakhir silahkan anda Klik Delete Files
  6. Selesai.

Jalankan Pemindaian Virus

Pada tahap ini silahkan anda jalankan software anti virus pilihan anda tadi. Dari banyak nya pilihan software anti virus yang ada saya merekomendasikan dua yaitu Kaspersky Internet Security dan juga Malware Bytes.

Baca Juga: Cara Download Aplikasi Di Laptop

Jika anda memilih Kaspersky Internet Security maka cara menggunakan nya cukup mudah yakni dengan menjalakan program scan virus saja, jika terdeteksi virus maka tuggas anda adalah menghilangkan nya.

Cara menghilangkan virus di laptop dengan menggunakan aplikasi Kaspersky Internet Security bisa dikatakan paling efektif jika dibandingkan dengan lain nya.

cara menghilangkan virus di laptop windows 10

Reboot Laptop

Setelah anda menjalakan software anti virus dan membersihkan nya, langkah selanjut nya adalah me-reboot laptop agar virus bener-bener dihilangkan. Pada tahap ini anda tidak perlu menggunakan fitur safe mode lagi.

Namun melakukan reboot pada perangkat laptop yang anda gunakan, pastikan terlebih dahulu virus yang ada di laptop anda telah benar-benar bersih dengan cara melakukan scan virus secara berulang pada software anti virus.

Perbaru Perangkat Lunak

Cara menghilangkan virus di laptop terakhir adalah dengan memperbarui seluruh perangkat lunak yang ada di perangkat laptop anda seperti aplikasi Web Browser, Software editing bahkan jika perlu sekalian sistem oprasi nya.

Memperbaru perangkat lunak tersebut dilakukan agar beberapa perangkat yang sudah ter kontaminasi oleh virus dapat terbarui sistem nya. Dengan begitu kondisi laptop anda akan lebih aman lagi saat akan digunakan.

Cara Menghapus Virus Di Laptop Mac

cara menghilangkan virus di laptop tanpa instal ulang

Jika saat ini anda menggunakan laptop Mac, mungkin anda pernah berfikir bahwa laptop besutan Apple ini sangat aman terhadap bahaya nya virus. Padahal hal tersebut salah, sebap masih ada kemungkinan untuk terkena virus.

Memang Mac di persenjatai dengan sistem oprasi yang tahap akan serangan virus manapun, meskipun demikian Laptop Mac masih tetap dapat terkontaminasi virus hanya saja tidak se berbahaya nya seperti yang ada di Windows.

Sama seperti pada Windows, software anti virus yang ada pada Mac juga sangat banyak ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Beberapa di antara nya seperti Sophos Home, Avast Anti Virus, Malwarebytes dan Bitdefender.

Jika perangkat laptop Mac yang anda gunakan terinfeksi dengan Virus, maka cara menghilangkan virus di laptop Mac adalah sebagai berikut:

  1. Terlebih dahulu deteksi perangkat aplikasi yang sekira nya mengandung virus
  2. Jika sudah terdeteksi, silahkan anda keluar dari aplikasi tersebut
  3. Setelah itu buka Activity monitor lalu cari nama virus yang sering terkontaminasi di Mac seperti MacDefender, MacProtector dan juga MacSecurity.
  4. Jika anda menemukan beberapa virus di atas, silahkan anda klik Quit process sebelum anda keluar dari menu Activity monitor.
  5. Selanjutnya, buka folder Applications lalu kemudian seret file yang mengandung virus tadi ke dalam Trash.
  6. Lalu kosongkan folder Trash untuk menghapus virus
  7. Terakhir pastikan seluruh perangkat lunak anda telah di perbarui
  8. Selesai

Penutup

Nah itu lah tadi pembahasan mengenai bagaiaman cara menghilangkan virus di laptop, bagaimana sangat mudah bukan? Dengan begitu anda tidak perlu bingung lagi ketika mendeteksi bahaya virus yang ada di laptop anda.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar pengguna laptop lain nya dapat juga mengetahui hal ini. Terimakasih

Admin Can Because OF Experice...