Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2

2 min read

cara membagi layar laptop menjadi 2 (1)

Saat menggunakan dua aplikasi atau lebih untuk menyelesaikan suatu pekerjaan pada layar, mengetahui cara membagi layar laptop menjadi 2 bagian menjadi salah satu cara ampuh untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut secara cepat dan juga efesien.

Misalkan, saat sedang menulis artikel yang membutuhkan aplikasi Windows Word dan juga Google Docs. Maka cara membagi layar laptop menjadi 2 bagian dapat memudahkan pengguna untuk mengerjakan hal tersebut secara bersamaan, sehingga pengguna tidak perlu lagi kerja dua kali.

Untuk menggunakan fitur pembagi layar laptop menjadi dua sebenarnya sangatlah mudah, yakni dengan menggunakan pengaturan khusus yang ada pada laptop. Setiap laptop pasti nya memiliki pengaturan yang berbeda-beda, namun secara keseluruhan semua nya sama.

Fitur split screen pada laptop atau pc yang memiliki ukuran layar lebih lebar akan sangat berguna untuk mendukung sengala produktivitas yang ada pada layar laptop. Dengan fitur ini juga, pengguna akan sangat terbantu saat mengerjakan sesuatu secara bersamaan.

Oleh karna itu, bagi anda semua yang belum mengetahui bagaimana cara membagi layar laptop menjadi 2 bagian atau lebih, silahkan simak langkah-langah di bawah ini dengan baik dan benar agar dapat mempraktekan nya secara langsung.

Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2

Cara membagi layar laptop menjadi 2 bagian akan memudahkan pengguna ketika mengerjakan sesuatu hal yang membutuhkan dua aplikasi atau lebih sekaligus. Oleh karna itu, dengan menggunakan fitur Split Srceen pada laptop anda sudah bisa melakukan semuanya. Berikut langkah-langkahnya:

Dengan Menggunakan Kursor

Dengan cara ini pengguna bisa membagi layar laptop menjadi 2 bagian hanya dengan menggunakan kursos yang ada pada laptop ataupun pc yang saat ini digunakan. Cara membagi layar laptop menjadi 2 bagian ini akan sangat mengoptimalkan kinerja anda yang membutuh dua aplikasi dalam proses pengerjaan nya.

Baca Juga: Cara Cek Ram Laptop

Adapun langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi yang ingin pengguna sematkan .
  2. Arahkan kursor anda ke arah bilah judul dari aplikasi tesebut.cara membagi layar laptop menjadi 2 windows 8
  3. Klik dan tahan pada mouse atau touchpad .
  4. Tarik aplikasi ke kanan atau ke kiri sesuai dengan keinginan anda hingga unkuran mewujudkan layar .
  5. Selesai.

Dengan menarik aplikasi ke salah satu bagian, pengguna bisa menempelkan aplikasi ke salah satu sudut yang di inginkan. Anda juga bisa membagi layar laptop menjadi 2 atau bahkan empat bagian sesuai kebutuhan. Dengan begitu, pengguna akan lebih cepat menyelesaikan segala aktifitas yang ada pada layar.

Dengan Menggunakan Snap Assist

Fitur snap assist merupakan salah satu fitur mendasar yang sudah ada pada laptop baik Windows 7, windows 8 atau windows 10 apapun merek nya . Dengan fitur ini, pengguna dapat menyematkan aplikasi ke sisi tertentu pada layar laptop yang masih memiliki ruang.

Berikut cara membagi layar laptop menjadi 2 dengan menggunakan fitur Snap Assist:

  1. Buka aplikasi yang ingin disematkan .
  2. Sematkan aplikasi pada sisi tertentu .
  3. Akan muncul beberapa thumbnail aplikasi lainnya.cara membagi layar laptop menjadi 2 windows 7
  4. Klik thumbnail aplikasi yang ingin disematkan .
  5. Selesai.

Dengan fitur Snap Assist, seluruh aplikasi yang terbuka pada laptop atau pc akan menjadi thumbnail. Sehingga pengguna tidak perlu lagi melakukan langkah-langkah yang sama untuk membagi layar pada laptop menjadi 2 bagian atau lebih.

Dengan Menggunakan FancyZones

FancyZones merupakan salah satu utilitas yang dapat digunakan untuk mengubah dan mengatur tata letak pada jendela aplikasi. Dengan menggunakan fitur Fancyzones pengguna dapat membagi layar pada laptop menjadi 2 bagian atau lebih. Dengan ini, pengguna dapat bekerja secara efektif dan efisien lagi.

Baca Juga: Cara Menyambungkan Wifi Ke Laptop

Berikut cara membagi layar laptop menjadi 2 bagian dengan menggunakan FancyZones:

  1. Instal Net Core 3.1.13 Desktop Runtime bila belum pernah melakukanya.
  2. Lalu pilih versi yang stabil .
  3. Cara bagian Aset .
  4. Klik tanda panah jika halaman belum tersedia.
  5. Ketuk PowerToysSetup-x.xx.x-x64 .cara membagi layar laptop menjadi 2 windows 10
  6. Jalankan berkas setelah di unduh , lalu ikuti layar pemasangan .
  7. Setelah terpasang dan halaman Mulai tebuka , lalu pilih FancyZones .
  8. Kemudian klik pengaturan .cara membagi layar laptop menjadi 2 bagian
  9. Pastiakan tombol geser pada Enable pada Fancyzones .cara membagi layar laptop menjadi 2 monitor
  10. Klik tombol Luncurkan layout editor untuk mengubah tata letak.cara membagi layar laptop menjadi 2 saat zoom
  11. Pilih tata letak yang diinginkan lalu klik Edit 
  12. Lalu TEKAN Tombol Simpan untuk review minyimpan pengaturan.
  13. Selesai.

Dengan mengikuti beberapa cara di atas, pengguna dapat membagi layar laptop menjadi 2. Ditambah lagi PowerToys baru mendukung secara penuh arsitektur x64. Sedangkan untuk x86 dan ARM masih dikembangkan agar terhindar dari bug agar dapat digunakan lebih nyaman.

Dengan Menggunakan Keyboard

Cara membagi layar laptop menjadi 2 tidak hanya bisa dilakukan melalui kursos dan juga Snap Assist saja, melainkan juga bisa dilakukan dengan menggunakan keyboard. Bila mouse atau touchpad mengalami error, maka opsi lain bisa menggunakan keyboard.

Baca Juga: Cara mematiakan Laptop Dengan Keyboard

Berikut cara membagi layar laptop menjadi 2 bagian dengan menggunakan keyboard:

  1. Jalankan aplikasi yang akan disematkan .
  2. Klik tombol Windows + Arah secara bersamaan untuk menyesuaikan letak aplikasi .
  3. dengan aplikasi lain yang ingin di pasang selanjutnya .
  4. Selesai.

Penutup

Nah itu lah tadi pembahasan mengenai cara membagi layar laptop menjadi 2, setelah mengetahui beberapa hal diatas pengguna dapat mengerjakan sesuatu dengan mudah. Bukan itu saja, pengguna juga dapat mengerjakan segala sesuatu dengan cepat dan efisien.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan jangan lupa di share ke media sosial Anda masing-masing agar pengguna lainnya dapat mengetahui hal ini dengan sangat mudah. Terima kasih