Admin Can Because OF Experice...

Cara Cek Garansi iPhone

3 min read

cara cek garansi iPhone

Mengetahui cara cek garansi iPhone sangat lah di perlukan, sebap saat ini marak nya berbagai jenis iPhone palsu yang beredar di pasaran hingga marketplace.

iPhone merupakan salah satu ponsel dengan harga mahal yang memiliki kualitas premium, pengguna nya juga berasal dari kalangan menengah ke atas.

Maka tidak heran lagi jika banyak oknum-oknum curang, yang melakukan duplikat pada ponsel iPhone untuk meraup keuntungan yang lebih.

Untuk itu kita perlu jeli dalam hal mengecek produk Apple yang satu ini, hal ini dimaksutkan agar nanti nya kita tidak salah memilih mana iPhone yang original, palsu atau distributor.

Cara cek garansi iPhone biasa nya dilakukan dengan menggunakan IMEI, namun hal ini tidak cukup efektif untuk mengetahui mana iPhone asli dan palsu.

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama mengenai cara cek garansi iPhone, saya akan beritahukan terlebih dahulu beberapa jenis garansi yang ada pada iPhone.

Jenis-Jenis Garansi iPhone

Sebelum kita masuk ke pembahasaan mengenai cara mengecek garansi iPhone, ada baik nya kita ketahui terlebih dahulu jenis-jenis garansi yang ada pada iPhone:

Garansi Resmi

cara mengecek garansi iphone

Pada garansi resmi ini, pihak Apple yang akan memberikan langsung ke pada perusahaan atau distributor dalam suatau negara.

Baca Juga: Cara Mengisi Baterai iPhone Yang Benar

Dengan berlebelkan garansi resmi ini, biasanya pihak perusahaan atau distributor berani mengeluarkan jangka waktu yang cukup lama untuk setiap garansi nya.

Garansi Internasional

cara cek garansi iphone dengan imei

Ketika anda memiliki ponsel iPhone dengan garansi internasional, maka anda akan dapat mengklaim garansi di seluruh authorized reseller Apple di seluruh dunia.

Pada jenis garansi internasional ini lah yang paling fleksibel, Biasa nya untuk mendapatkan garansi ini anda harus membeli iPhone dari luar negeri yang resmi.

Garansi Distributor

cek garansi iphone

Pada garansi distributor ini jauh berbeda dengan garansi resmi, pasal nya garansi seperti ini ialah yang memasok produk Apple ke suatu wilayah secara tidak resmi.

Dengan menggunakan garansi ini anda hanya dapat melakukan garansi pada pihak distributor nya saja, dan bukan langsung ke pihak center resmi Apple.

Baca Juga: Cara Menjaga Battery Health iPhone

Saat ini marak sekali penjualan iPhone palsu dengan mengatas nama kan garansi distributor, biasa produk yang ditawarkan relatif sangat murah.

Garansi Toko Atau Penjual

garansi iphonae ibox

Yang terakhir adalah garansi toko atau penjual, biasanya produk Apple yang ditawarkan ini berasal dari Black Market ( BM ), Palsu, Supercopy, KW serta Refurbish.

Jenis garansi seperti ini, biasa nya Pihak toko atau penjual hanya berani memberikan garansi selama 1 bulan terkantung ke sepakatan.

Harga yang ditawarkan dari iPhone dengan menggunakan garansi ini biasanya relatif lebih murah jika dibandingan dengan garansi resmi nya.

Jenis Garansi iPhone Di Indonesia

Sebelum masuk ke cara cek garansi iPhone, berikut saya paparkan juga beberapa jenis garansi iPhone yang ada di indonesia yang dipasarkan secara luas di seluruh wilayah indonesia.

iPhone Garansi Internasional

Pada jenis garansi ini, Anda bisa mendapatkan iPhone dengan cara melakukan pre-order atau membelinya secara langsung di negara lain, seperti Singapura atau negara lain nya.

Meskipun yang digunakan adalah garansi internasional namun terkadang tidak bisa menggunakan garansi tersebut di negara lain selain negara tempat membeli nya pertama.

iPhone Garansi Resmi

Mengenai garansi resmi ini, saya rasa sangat tidak temapt apa bila dikatakan garansi resmi, sebap Apple sendiri tidak memiliki kantor di indonesia.

Baca Juga: Cara Mendapatkan iPhone Gratis Dari Google

Namun garansi resmi ini diberikan oleh sebuah distributor ‘resmi’ dari pihak Apple yang berada di Indonesia.

Meskipun demikian, anda perlu berhati-hati pasal nya banyak yang mengaku-ngaku bahwa dia dengan mengklaim bahwa distributor nya resmi.

iPhone Refurbish

Pada jenis garansi ini iPhone yang dibuat adalah hasil refurbish yaitu sebuah rekondisi ulang yang dilakukan oleh pihak Apple.

Garansi yang ditawarkan nya resmi dan full dari pihak Apple, namun mesin yang digunakan sebagai sistem nya adalah bekas atau gagal pada saat produksi.

iPhone Rekondisi

Pada jenis garansi iPhone rekondisi ini bentuk sparepart yang digunakan iPhone adalah bekas yang di bentuk ulang sehingga sekilas kelihatan seperti baru.

Biasanya, jenis  iPhone seperti ini adalah yang sudah tidak laku di luar negeri, misal nya saja pada jenis iPhone CDMA, 4, 4S, dan 5.

Umumnya, iPhone jenis ini biasa diberikan garansi oleh pihak distributor selama 1 tahun.

iPhone Rekondisi BM ( Black Market )

Jika pada umumnya iPhone rekondisi yang diberikan pihak distributor memiliki garansi selama 1 tahun, namun pada iPhone rekondisi BM ini hanya bergaransi selama 1 bulan.

Menyangkut harga, tentu iPhone jenis ini jauh lebih murah dibanding kan dengan iPhone yang bergaransi distributor. iPhone jenis ini dijual dengan kondisi apa adanya.

iPhone Supercopy Atau Palsu

Nah yang palin parah adalah ini, iPhone jenis supercopy adalah iPhone palsu yang jauh dari keadaan serta bentuk iPhone pada asli nya.

Material digunakan pada iPhone ini terbuat dari bahan plastik yang lunak. Selain itu, sistem operasinya yang digunakan nya pun bukan lah iOS, melainkan sistem Android.

Cara Cek Garansi iPhone Resmi Atau Disributor

Karna banyak nya jenis iPhone palsu yang beredar, di rasa perlu untuk melakukan cara cek garansi iPhone resmi atau distibutor agar tidak salah memilih.

Nah bagi anda yang belum mengetaui bagaimana cara cek garansi iPhone, ikuti langkah berikut ini:

cara cek garansi iPhone resmi atau distributor

  1. Pertama, silahkan masuk Settings 
  2. Setelah itu masuk ke menu General
  3. Lalu pilih About
  4. Maka akan terlihat serangkaian serial number, silahkan catat terlebih dahului
  5. Buka situs resmi Apple ini
  6. Ketikkan serial number iPhone anda pada kolom
  7. Lalu masukan Kode, klik Lanjutkan 
  8. Lanjut dengan masukan negara anda.
  9. Pilih See your service and support coverage yang ada di menu Service and Repair.
  10. Maka akan tampil detil garansi iphone anda di situ
  11. Selesai

Cek Garansi iPhone Dengan IMEI

Ada satu lagi cara cek garansi iPhone, ya itu dengan menggunakan IMEI. Cara ini sebagai alternatif saja jika anda mungkin kurang yakin mengenai cara cek garansi iPhone yang telah dipaparkan di atas.

  1. Ketik *#06# pada panggilan telpon iPhone
  2. Maka secara otomatis, muncul IMEI
  3. Setelah itu cek disini dan masukan kode IMEI dikolom
  4. Lalu klik Check
  5. Maka akan terlihat garansi iPhone anda

Tips Pada Saat Membeli iPhone

Nah setelah anda mengetahui cara cek garansi iPhone, berikut saya paparkan beberapa tips yang bisa anda pergunakan agar tidak salah pada saat membeli ponsel iPhone baru.

Seringkali pengguna iPhone ketipu karna tidak jeli dan paham untuk membedakan mana iPhone asli, palsu atau distributor, untuk itu baca tips berikut ini:

  • Pastikan terlebih dahulu garansi nya dengan cara-cara di atas
  • Beli secara langsung atau Offline di distributor resmi pihak Apple atau Marketplace terpercaya
  • Cek ricek terlebih dahulu iPhone dengan membuka dusbook
  • Lihat kartu garansi yang ada di dalam kotak
  • Cocok kan nomor IMEI yang ada di sistem, kotak dan body iPhone
  • Periksa material yang digunakan

Nah itu lah tadi cara cek garansi iPhone, bagaimana mudah bukan? selalu waspada pada saat membeli iPhone karna marak nya iPhone palsu.

iPhone palsu biasanya di bandrol dengan harga yang sangat murah jauh dari pada harga asli nya, untuk itu perlu mencurigai nya. Demikian, semoga artikel nya bermanfaat.

Admin Can Because OF Experice...

Download Nada Dering iPhone

Admin
4 min read

Download Dolphin MMJ

Admin
2 min read